Langsung ke konten utama

UMK Cilegon 2013 Direkomendasikan Rp2,2 Juta

UMK Cilegon 2013 Direkomendasikan Rp2,2 Juta

Friday, 23 Nov 2012 | 21:21:43 WIB


CILEGON, (KB).-
Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Kota Cilegon 2013 sudah direkomendasilan Rp2,2 juta per bulan. Penetapan itu merupakan kebijakan Wali Kota Cilegon, Tb. Iman Ariyadi setelah mengadakan pertemuan dengan buruh dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Cilegon.
Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon, Taufiqurrahman, peningkatan UMK Kota Cilegon itu merupakan terbesar dari tahun-tahun sebelumya. Pasalnya, kenaikan UMK kali ini hampir mencapai 100 persen.
Bahkan, besaran UMK Kota Cilegon 2013 bersaing dengan DKI Jakarta yang juga menetapkan UMK 2013 senilai Rp2,2 juta per bulan.
“Bapak Wali Kota, H Tb. Iman Ariyadi mengambil keputusan dengan menengahi dari semua pengajuan. Keputusannya sudah ditetapkan senilai Rp2,2 juta per bulan,” ujar Taufiq, Jumat (23/11).
Jalan tengah
Keputusan tersebut diambail karena dalam rapat dewan pengupahan yang diikuti tiga unsur, yakni perwakilan pemerintah, buruh, dan pengusaha, Kamis (22/11), tidak menghasilkan kesepakatan. Mengingat hal itu, akhirnya Wali Kota Cilegon mengambil kebijakan mengambil jalan tengah dari usulan yang diajukan.
Menurut Taufiq, terkait penetapan UMK 2013, Wali Kota Cilegon sudah melayangkan usulan ke Pemrov Banten. Pasalnyam waktu pengajuan UMK telah habis.
“Keputusan besaran UMK 2013 Cilegon sudah diajukan ke Pemrov Banten. Soalnya sudah telat,” ujar Taufiq.
Ia mengharapkan, semua pihak bisa menerima dengan keputusan jalan tengah atas kebijakan wali kota tersebut. Hal itu dilakukan agar kota industri tetap aman dan tidak ada kericuhan.
Sebelumnya, Kamis (22/11), ratusan buruh menggelar unjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Cilegon, dan Hotel Grant Mangku Putra Merak. Mereka meminta UMK Cilegon tahun 2013 senilai Rp2,4 juta. (H-23)***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalor Jenis Benda dan Kapasitas Kalor

Tidak seperti besaran fisika umumnya, kalor adalah besaran yang tidak dapat dilihat. Jumlah kalor yang diserap atau dilepas suatu benda hanya dapat diukur dengan mengamati pengaruhnya terhadap bahan di sekitarnya. Untuk dapat merumuskan jumlah kalor, perhatikan percobaan berikut.





Pada gambar (a), kedua bejana diisi dengan zat cair yang sejenis dan dipanaskan dalam selang waktu yang sama. Ternyata pada bejana yang berisi zat cair lebih sedikit, suhunya lebih tinggi. Jadi, jumlah kalor yang diserap benda berbanding lurus dengan massa benda ( Q ∞ m). Pada gambar (b), kedua benda diisi zat cair yang sejenis dan sama massanya. Ternyata pada selang waktu yang sama, bejana yang dipanasi dengan api lebih besar, memiliki suhu yang lebih tinggi. Jadi, jumlah kalor sebanding dengan kenaikan suhu (Q ∞∆T). Pada gambar (c), bejana A diisi dengan alkohol dan bejana B diisi dengan air. Massa  kedua zat cair di dalam masing-masing bejana sama. Ternyata dalam selang waktu yang sama, suh…

PRINSIP KERJA CERMIN CEMBUNG

PRINSIP KERJA CERMIN CEMBUNG

Pendahuluan
cermin adalah Cermin yang dibuat paling awal adalah kepingan batu mengkilap seperti obsidian, sebuah kaca volkanik yang terbentuk secara alami. Cermin obsidian yang ditemukan di Anatolia (kini Turki), berumur sekitar 6000 SM. Cermin batu mengkilap dari Amerika tengah dan selatan berumur sekitar 2000 SM. Cermin dari tembaga yang mengkilap telah dibuat di Mesopotamia pada 4000 SM dan di Mesir purba pada 3000 SM. Di China, cermin dari perunggu dibuat pada 2000 SM.
Cermin kaca berlapis logam diciptakan di Sidon (kini Lebanon) pada abad pertama M,dan cermin kaca dengan sandaran dari daun emas disebutkan oleh seorang pengarang dari Romawi bernama Pliny dalam buku Natural History miliknya, yang dikarang sekitar tahun 77 M. Orang Romawi juga mengembangkan teknik menciptakan cermin yang kasar dari kaca hembus yang dilapisi dengan timah yang dilelehkan.Cermin parabola pantul pertama kali dideskripsikan oleh fisikawan dari Arab bernama Ibn Sahl…