Minggu, 15 Juli 2012

Tutorial Instalasi Joomla


Tutorial Instalasi Joomla
Joomla dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Jadi, untuk membuatnya kita harus menginstal PHP yang sekarang telah banyak tersedia paket aplikasi pendukung yaitu Apache, MySQL dan PHP. Ketiga aplikasi tersebut dapat anda install menggunakan paket instalasi yang populer antara lain
Menginstal XAMPP di lokal server

Pada tulisan kali ini saya akan memberi contoh menggunakan paket aplikasi XAMPP dan menginstallnya di lokal server (di komputer yang anda gunakan saat ini). Dengan harapan, anda bisa bereksperimen sampai mahir, tanpa resiko, karena hanya menggunakan komputer kita saja (offline).
Berikut langkah-langkah menginstal XAMP di komputer anda :
  1. Download XAMPP installer dari link berikut http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html#641
  2. Pilih installer yang tersedia sesuai dengan operating system komputer anda.
  3. Instal file yang telah anda download sesuai dengan lankah-langkah yang muncul pada jendela wizard.
  4. Pada akhir instalasi akan muncul jendela command prompt yang menampilkan code script PHP. Tunggu beberapa saat, sampai jendela tersebut hilang.     
Description: tutorial instalasi joomla

Jika proses instalasi telah selesai akan muncul konfirmasi selesainya instalasi dan klik ok untuk menampilkan jendela XAMPP kontrol panel.

Description: tutorial instalasi joomla


Jika semua proses penginstalan telah selesai, berarti kita telah siap menginstal Joomla! di komputer kita.

Menginstal Joomla! di Lokal Server 

Setelah software pendukung telah kita instal, selajutnya kita sudah bisa menginstal Joomla di komputer lokal. Bisa sih kita langsung menginstalnya di server online, akan tetapi jika kita masih newbie saya menyarankan untuk menginstalnya di komputer kita dahulu. Ini menguntungkan kita karena :
  1. Tidak memerlukan koneksi internet, kita bisa bekerja offline.
  2. Kita bisa bereksperimen sekehendak kita tanpa takut dilihat orang lain jika terjadi kesalahan.
  3. Pekerjaan kita tidak terikat waktu, tidak khawatir orang tidak bisa mengakses web kita seperti pada saat online.
Sudah siap?.... Baiklah, untuk memulainya kita harus men-download paket Installer joomla. Berikut beberapa langkah yang perlu kita lakukan :
  • Download paket Installer joomla dari situs : http://www.joomla.org/download.html Pilih yang full package. Saat tulisan ini dibuat sudah sampai versi 1.5.9 (File zip 5.8 MB)
  • Jika sudah terdownload, ekstrak file zip tersebut ke sebuah folder misalnya Joomla.
  • Selanjutnya, buka folder yang sudah kita instal : XAMPP/htdocs dalam drive C. Kemudian copy folder Joomla  yang sudah terekstrak ke folder htdocs. Sehingga Pathnya menjadi : C:// XAMPP/htdocs/Joomla.
Jika anda menggunakan Wamp, copy seluruh file yang ada di Joomla dan paste ke dalam folder www yang ada di folder wamp. Sehingga Pathnya menjadi C:// wamp/www.
  • Jalankan browser web anda misalnya IE atau firefox, dan ketikan http://localhost/Joomla untuk pengguna XAMPP atau cukup http://localhost/ untuk pengguna wamp. Maka akan muncul halaman instalasi Joomla, pilih bahasa dan klik next
Description: tutorial instalasi joomla

  • Kemudian akan terlihat halaman Pre Installation Check, klik next.
Description: tutorial instalasi joomla

  • Halaman selanjutnya berisi license GNU GPL V2. GNU merupakan organisasi yang bertanggung jawab menangani masalah lisensi untuk Publik (GPL : General Public License). Klik Next.
Description: tutorial instalasi joomla

  • Selanjutnya muncul konfigurasi database. Pada bagian Basic Setting lakukan pengisian sebagai berikut :
Host Name    : localhost
User Name    : root
Password      : kosongkan saja
Database Name: joomla159 (bisa diisi sembarang terserah anda).
Kemudian tekan next.
 
Description: tutorial instalasi joomla

  • Abaikan halaman FTP Configuration, tekan next.
 
Description: tutorial instalasi joomla

  • Selanjutnya anda masuk ke halaman Main Configuration. Isi nama Website anda, alamat email dan password. Ingat password inilah yang akan selalu dipakai untuk masuk ke kontrol panel saat instalasi Joomla telah selesai.

Description: tutorial instalasi joomla


Kemudian klik install Sample Data, maka akan contoh isi dari website standard akan terinstal. Ini akan banyak membantu bagi yang baru belajar membuat website. Anda tinggal mengedit judul dan isi dari masing-masing modul maupun artikel.
Tunggu sampai box install Sample Data berubah menjadi Sample Data Installed Succesfully!
  • Setelah mengeklik next maka anda pun sampai ke halaman Finish.
Description: tutorial instalasi joomla


Tapi jangan sampai lupa ada peringatan warna merah untuk menghapus folder installation yang ada di C:// XAMPP/htdocs/Joomla.

Description: tutorial instalasi joomla


Jika sudah dihapus, klik tombol Site pada pojok kanan atas, maka akan masuk ke halaman contoh standard dari joomla kita.  Tepatnya dengan address : http://localhost/Joomla .

Description: tutorial instalasi joomla


Untuk mengedit isi web yang ada, kita harus masuk ke control panel dengan mengeklik tombol Administrator pada box Resources. Atau tambahkan Administrator pada adress di browser anda. Menjadi http://localhost/Joomla/Administrator . Maka akan muncul halaman muka untuk memasukan username dan password.
Isi username : Admin dan Password : password yang anda isi saat installasi.

Description: tutorial instalasi joomla

Selesai, semoga bermanfaat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menikah bukan untuk Bahagia

Menikah bukan untuk Bahagia Lalu untuk apa?? Kita menikah bukan untuk berbahagia. Kita menikah untuk beribadah kepada Allah Subhanahu w...