Minggu, 04 November 2012

10 Tips Cara Mengatasi Ngantuk

Tips Cara Mengatasi Ngantuk - Tips Cara Mengatasi Ngantuk. Aktivitas sehari-hari anda dipenuhi aktivitas yang seakan tidak ada kata henti ? tiap-tiap malam anda tidur amat larut buat kembali terbangun di pagi yang amat muda ? cara yang anda kerjakan buat terus terbangun yaitu dengan menenggak minuman energi atau kopi ? wah, baiknya pertimbangkan lagi rutinitas ini. Embusan energi dari kafein benar-benar dapat melindungi anda terjaga kian lebih 8 jam, kafein juga dapat kurangi waktu tidur anda, merubah tahapan normal tidur, dan turunkan mutu tidur anda.


Tips Cara Mengatasi Ngantuk

Agar anda dapat lebih segar beraktivitas tanpa harus ketergantungan dengan kopi atau zat lain, coba kerjakan tips-tips di bawah ini :

1. Beranjak dari tempat duduk dan bergeraklah
Didalam sebuah studinya, robert thayer, phd, profesor dari california state university, long beach, melacak tahu perbandingan pada khasiat sebatang permen atau berjalan kaki sepanjang 10 menit buat membuat seseorang lebih jadi terjaga. walau batang permen dapat berikan dorongan daya yang cepat, para partisipan justru jadi lebih capek dan berkurang energinya sejam sesudah itu. berjalan kaki sepanjang 10 menit menambah energi sepanjang 2 jam. pasalnya, berjalan kaki memompa darah ke pembuluh darah, otak, dan otot.

2. Tidur siang
Ada dua hal mengenai tidur siang yang perlu diingat: jangan lakukan lebih dari sekali dalam sehari dan jangan melakukannya terlalu dekat dengan waktu tidur malam. "Tidur siang sebaiknya dilakukan antara 5-45 menit," ujar Barry Krakow, MD, penulis Sound Sleep, Sound Mind: 7 Keys to Sleeping Through the Night. Akan lebih baik jika Anda tidur siang 6-7 jam sebelum waktu tidur malam Anda. Jika Anda memang harus tidur siang mendekati waktu tidur malam Anda, lakukanlah dengan durasi sejenak. Jika Anda merasa perlu tidur siang di kantor, lakukanlah di waktu istirahat, dan gunakan alarm untuk membangunkan Anda jika diperlukan, pastikan waktu tidur siang Anda tidak mengganggu waktu kerja. Jika Anda tak bisa mengambil waktu untuk tidur siang, duduk dengan mata tertutup selama 10 menit saja sudah cukup.

3. Istirahat mata untuk mencegah kelelahan
Menatap satu titik yang sama bisa menyebabkan mata tegang dan memperparah rasa kantuk dan kelelahan. Alihkan pandangan Anda dari monitor selama beberapa menit secara periodik untuk merilekskan otot mata Anda.

4. Camilan sehat untuk menambah tenaga
Camilan manis bisa memberikan dorongan tenaga yang kemudian diikuti dengan rasa lelah ketika kadar gula pada darah sedang rendah yang memproduksi rasa letih. Camilan sehat, seperti selai kacang pada kracker gandum atau batang seledri, yoghurt dengan kacang atau buah segar, dan wortel kecil dengan krim keju rendah lemak.

5. Berbincanglah
Jika Anda merasa mulai didera kantuk, cobalah untuk memulai perbincangan untuk mengaktifkan otak Anda. Cobalah untuk bercengkerama mengenai hal-hal yang sesuai minat Anda, atau hal-hal yang menjadi kontroversi belakangan ini.

6. Tambahkan pencahayaan
Pencahayaan yang redup akan makin memperparah rasa kantuk. Studi menunjukkan bahwa eksposur terhadap cahaya terang bisa mengurangi rasa kantuk. Cobalah untuk menambah tingkat pencahayaan di kantor Anda.

7. Mengambil napas dalam-dalam
Menarik napas dalam-dalam akan meningkatkan level oksigen dalam darah. Hal ini akan memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan memperlancar sirkulasi, membantu performa dan energi mental. Tarik dan embuskan napas secara teratur selama beberapa menit.

8. Tukar pekerjaan untuk menstimulasi pikiran
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia pada tahun 2004, para peneliti menemukan bahwa responden yang bekerja 12 jam di malam hari mengerjakan tugas yang monoton, sama berbahayanya dengan kekurangan kewaspadaan. Cobalah untuk mengganti tugas sesekali untuk menstimulasi kinerja otak Anda.

9. Minum banyak air
Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda mendapatkan cukup cairan dan mengonsumsi cukup makanan yang mengandung banyak air, seperti buah-buahan dan sayur.

10. Sinar matahari
Ritme sirkadian kita meregulasi siklus tidur kita, yang terpengaruh oleh cahaya di siang hari. cobalah buat menghabiskan waktu sekurang-kurangnya 30 menit didalam 1 hari di luar ruangan yang cerah. para pakar tidur jadi menganjurkan buat menghabiskan waktu 1 jam di bawah cahaya matahari /hari bila anda adalah penderita insomnia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menikah bukan untuk Bahagia

Menikah bukan untuk Bahagia Lalu untuk apa?? Kita menikah bukan untuk berbahagia. Kita menikah untuk beribadah kepada Allah Subhanahu w...