Rabu, 28 November 2012

ANTARA PERKATAAN DAN PERBUATAN HARUS SESUAI

ANTARA PERKATAAN DAN PERBUATAN HARUS SESUAI


                   
                     بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم .                     


             Alkisah, ada seorang anak yang sangat menyukai gula-gula. Dia selalu meminta makanan tersebut kepada ayahnya. Ayahnya adalah seorang yang miskin. Dia tidak bisa selalu memenuhi permintaan anaknya. Akan tetapi sang anak tidak bisa memahami dan terus merengek setiap waktu untuk meminta gula-gula. Sang ayah berpikir keras bagaimana caranya untuk menghentikan permintaan sang anak. Di sana terdapat seorang manusia suci yang tinggal di dekat rumahnya. Sang ayah mempunyai sebuah ide. Dia memutuskan untuk membawa anaknya kepada lelaki tersebut dengan harapan dia dapat membujuk sang anak agar berhenti meminta gula-gula setiap saat.
            Sang ayah dan anak pergi kepada lelaki suci tersebut. Sang ayah berkata kepadanya, “Wahai orang suci, bisakah engkau meminta kepada anakku agar berhenti meminta gula-gula, karena aku tidak mampu memenuhinya?” orang suci ini nempak dalam kesulitan, karena dia juga sangat menyukai gula-gula. Bagaimana mungkin dia meminta sang anak berhenti meminta gula-gula? Orang suci ini akhirnya berkata kepada sang ayah, agar membawa kembali kepadanya setelah satu bulan.
            Selama satu bulan, orang suci itu berhenti memakan gula-gula. Ketika sang ayah dan anaknya kembali, dia berkata kepada sang anak, “anakku sayang, maukah kamu berhenti meminta gula-gula, karena ayahmu tidak mampu memenuhinya?” setelah itu sang anak berhenti meminta gula-gula.
            Sang ayah bertanya kepada orang suci itu, “kenapa kamu tidak meminta anakku berhenti meminta gula-gula sebulan yang lalu ketika kami datang?” orang suci menjawab, “bagaimana mungkin aku meminta anak itu untuk berhenti meminta gula-gula, sedangkan aku sangat menyukainya. Dan pada akhir bulan akhirnya aku berhenti makan gula-gula.” Sebuah contoh dari seseorang adalah lebih bermakna daripada sebuah kata-kata.
            Ketika kita meminta seseorang untuk melakukan sesuatu, ita harus melakukannya juga. Kita tidak boleh meminta seseorang untuk melakukan sesuatu yang tidak kita lakukan.
Yakinkan selalu bahwa perbuatanmu sesuai dengan kata-katamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menikah bukan untuk Bahagia

Menikah bukan untuk Bahagia Lalu untuk apa?? Kita menikah bukan untuk berbahagia. Kita menikah untuk beribadah kepada Allah Subhanahu w...